MENYANYI STIMULASI
KREATIVITAS
Kurikulum 2013 akan diterapkan
mulai tahun ajaran 2014. Banyak yang galau, tidak setuju, bingung bahkan ada yang tegas menolak melaksanakannya. Bagi PAUD kurikulum 2013 menyangkut pembiasaan anak mengelola kemampuan dasar Sosial emosional, bahasa, kognitif,
fisik-Motorik dan Moral dan agama.
Guru PAUD yang mampu merencanakan pembelajaran, menuliskan tujuan
pembelajaran dan menentukan tema –tema belajar , berkomunikasi degan anak dan memberikan
stimulus untuk merangsang kreativitas dan perbendaharaan bahasa anak
masih belum merata .
Penelitian menyimpulkan bahwa musik dapat meningkatkan
kecepatan belajar kosa kata baru. Bahkan lebih
dari itu, musik meningkatkan kecepatan belajar secara permanen. (Redya, 1997
Terima kasih untuk Ibu Suryono ( Bu Kasur) , Pak AT Mahmud dan Pak Pranajaya yang telah meperkaya ciptaan penulis dan mengikhlaskan
lagu lagu dalam CD ini sebagai alat penelitian
untuk dapat dipublikasikan guna pendidikan anak anak usia dini di Indonesia
Bagi orang tua dan guru yang tidak pandai menyanyi
CD ini sebagai alat bantu
mengembangkan multi kecerdasan anak agar berkembang seimbang . Merangsangan otak kanan dan otak kiri menggunakan alat bantu Lagu dalam CD ini mempercepat orang tua dan pendidik lainnya
i merangsang kreativitas anak anak untuk mengungkapkan kecerdasan bahasa,
kecerdasan motorik pun juga
kecerdasan spiritual
Tema yang dirancang dalam CD ini terdiri
dari 11 Tema kegiatan belajar dalam 30
judul lagu sebagai berikut :
(1) Aku ;(2) Hewan; (3) Musik;(4) Kerja sama ;(5) Bilangan ;(6) Keluarga
;(7) Rasa ;(8) Tuhan ;(9) Negara ;(10) Kreativitas
Semoga dengan terbitnya media ini ,
guru/tutor PAUD lebih kreatif mendidik anak usia dini.
Cerdaslah anak Indonesia!
PENERAPAN.
Kegiatan harian dengan metode pendekatan
sentra dan lingkaran (Beyond Center and
circle time= BCCT)cocok sekali
menggunakan lagu lagu ini. Pada saat pijakan pengalaman sebelum main, selama
main maupun setelah main. Bahkan sampai kegiatan penutup. Demikian juga halnya pada penerapan kurikulum
2013 . Pilihlah tema yang sesuai dengan
kegiata harian dan perdengarkan musiknya,atau nyanyikan bersama dengan anak
anak.
Thema 1. AKU
Lagu 1 :
Aku punya tangan dan kaki
Aku
punya tangan dan kaki, dari Tuhan tentu pasti.
Apa guna semua ini aagar dapat berdiri
sendiri
Bangun pagi mandi sendiri, pakai baju pakai
sendiri,
makan pagi ,makan sendiri, ke sekolah brangkat
sendiri”
Perkenalkanlah anggota tubuh dan manfaat
masing masing yang berguna bagi
kemandirian anak.
Ajarkan juga bahwa anggota tubuh yang
sempurna hanya karunia Tuhan, sehingga jika anak anak melihat ada orang yang
cacat, mereka dapat mensyukuri anggota tubuhnya , dan bersimpati kepada mereka
yang cacat, mau menolong orang yang cacat.
Nyanyikanlah bersama anak anak :
Selanjutnya berikan stimulus agar anak
dapat menyebutkan alat indra, organ tubuh lainnya serta manfaat masing masing
untuk kemandiriannya. Nyanyikan dengan irama yang sama dengan lagu tadi
.misalnya :
1) Aku punya mata dan kuping, dari Tuhan tentu pasti. Apa guna semua
ini agar dapat berdiri sendiri. Bangun pagi …dst
2) Aku punya mulut dan gigi.
Dari Tuhan sudah pasti. Apa guna…..dst
3) Aku punya bahu dan lutut, dari Tuhan….dst
4) Aku punya dada dan punggung, dari Tuhantentu pasti , ….
Guru boleh mengemas lagu ini dalam berbagai
variasi, dengan menggali kemampuan anak mengenal fungsi indra dan organ tubuh
lainnya. misalnya :
Aku punya mata dan kuping, dari Tuhan tentu
pasti. Apa guna semua ini agar dapat berdidi sendiri, bangun pagi ke kamar
mandi,Ada susu minum sendiri, dengar
azan, sholat sendiri, mau ngaji , brangkat sendiri( bagi anak muslim) ;atau bagi anak non mulim ganti
dengan “bangun pagi ke kamar mandi, lipat tangan doa sendiri, dengar musik nyanyi
sendiri, ke gereja brangkat sendiri
2. Jika
ku sekolah nanti
Jika
ku sekolah Nanti, aku brangkat sendiri, Berjalan berhati hati, di tepi sebelah
kiri
1) Jika ku sekolah nanti, aku blajar sendiri, baca buku, tulis
puisi,olah raga dan seni
2) Jika aku besar nanti, ku bertani sendiri, tanam padi , ternak sapi
,gunakan teknologi
3) Jika ku dewasa nanti, ku jadi pramugari, naik pesawat
melayani,terbang berkali kali
4) Jika ku bekerja nanti, aku
ingin mandiri, ku tolak orang korupsi , kubangun
koperasi
3.
Aku anak periang
Tujuan : membentuk rasa tanggung jawab dan kemauan menolong
1) Aku anak yang sehat, setiap saat riang gembira,
selalu membantu ibu, serta menjaga adik di
rumah”
2) Aku anak yang kuat , setiap hari berolahaga,
selalu menolong ayah , bersama sama
menyiram bunga
3) Aku anak yang rapih ,setiap pagi mandi sendiri
slalu kusisir
rambut , dan tidak lupa menjemur handuk
4) Aku anak soleh setiap hari rajin berdoa
Selalu ingat
petuah, rajin menolong tak mau berdusta
4. AKU sudah besar
Guru memulai
dengan menceritakan kebiasaan kebiasaan baik yang diharuskan untuk dilakukan
manusia, umpamamnya rajin belajar, suka menolong, rajin berdoa, rajin menyapu ,
suka membaca dan lain lain. Rangsanglah
anak anak mencari tahu apa ganjaran kebiasaan-kebiasaan tersebut.
Nyanyikanlah
bersama sama lagu :
Aku sudah besar,
slalu rajin belajar, alangkah senangnya
Alangkah
senangnya jadi anak besar, jadi anak
pintar
Kemudian bagilah
anak anak menurut kelompok dan jumlah yang sesuai keperluan , minta setiap
kelompok memikirkan kalau sudah besar,apa yang dapat mereka lakukan. Misalnya :
1) Aku sudah besar selalu rajin menolong, alangkah senangnya,
alangkah senangnya, jadi anak besar , yang suka menolong .
2) Aku sudah besar slalu rajin berdoa, alangkah senangnya,
alangkah senangnya, jadi anak
besar, yang rajin berdoa
3) Aku sudah besar slalu rajin menyapu, alangkah senangnya
alangkah senangnya jadi anak
besar, yang suka menyapu
4) Aku sudah besar slalu rajin belajar, alanglah senangnya,
alangkah senangnya, jadi anak
besar, yang suka membaca
Thema 2. Hewan/
Binatang
Guru
mengawali kelas dengan menunjukkan
gambar gambar binatang , tanyakanlah tentang kehidupan binatang tersebut, hidup
di mana, bagaiman berjalan, terbang, berenang ,merayap dan lainnya. Kemudian
nyanyikan terlebih dahulu lagu “ binatang apa yang pandi terbang? Pandai
terbang itulah burung”. Sebelum bernyanyi minta setiap anak menyebutkan jenis
binatang dan kebisaannya, misalnya kuda cepat lari nya; tupai pandai melompat, capung bisa terbang,
bebek pandai berenang dan lain lain
Ajaklah anak
bernyanyi bersama secara bersahut sahutan, seperti berteka teki “
1. Binatang Apa
Binatang apa yang pandai terbang?
Pandai terbang itulah lalat.(setiap anak menyebut satu jenis, misalnya
: nyamuk, capung, burung, dll)
1) Binatang apa yang pandai berenang? Pandai berenang itulah ikan, Hiu,
bebek, dll
2) Binatang apa yang pandai merayap? Pandai merayap itulah cicak, ular,
cacing dsb
3) Binatang apa yang cepat berlari? Cepat berlari itulah kuda, anjing,
kucing, dll.
2. Tebak namanya
Guru mengajak
anak berbincang bincang tentang ciri
ciri, sifat dan apa makanannya dan hidup
di mana . Pancing mereka dengan membuat teka teki, Setelah menyanyikan lagu :
Hewan yang
merayap berkaki empat, Jalannya merayap tak bisa lompat,
Nyamuk
santapannya ,ditangkap cepat, Apakah namanya? Cobalah tebak.
Lanjutkan nyanyian ini dengan mengembangkan kreativitas
anak, misalnya
1) Hewan mengembek, berkaki empat, kepala bertanduk ,berjenggot panjang panjang, rumput makannya cari di ladang,
apakah namanya cobalah tebak!..... Hewan itu Kambing namanya.
2) Hewan berenangnya , di air tawar , kulitnya bersisik matanya bulat, alangkah enaknya jika disantap ! apakah
namanya cobalah tebak! Hewan itu Kakap namanya
3) Hewan yang bertengger yang pandai terbang, mencari mangsa nya melayang layang. Cari anak ayam , disambar
cepat, apakah anamanya cobalah tebak! Hewan itu Elang namanya
3. Larilah Kudaku
Putarkan lagu
1) Larilah kencang kudaku yang brani ,bawa ku pergi melintai padang,
melompat, tak pernah ragu, larilah hai kudaku larilah kencang”
2)
Bagaikan terbang kudaku berlari, langkahnya tegap
cekatan sekali,melompat tak pernah ragu,larilah hai kudaku lari berpacu.”
4. Berlari seperti Kuda
Guru memulai
cerita dengan menyebutkan contoh contoh gerakan,misalnya dalam lagu “ berlari seperti kuda,meloncat seperti
kelinci, melayang seperti garuda, berbaris seperti ABRI.
Berikan
kesempatan kepada anak anak berpikir tentang bunyi, suara, gerakan, dan benda
lain yang dapat difantasikan .
Mulailah dengan
kata kerja :” berlari seperti … (kuda, anjing, atlit,kucing) meloncat seperti ( kelinci, kambing, kutu, ) melayang seperti… ( garuda, layangan,
pesawat, kapal jet) berbaris seperti … ( ABRI, Polisi, Pramuka,bebek) . Boleh
juga dicarikan fantasi lain sesuai lingkungan anak di perdesaan ,pantai, gunung
dan lainnya. misalnya berkicau
seperti….burung, merayap seperti …ular, berlayar seperti …. nelayan, melenggang seperti ….artis; melonglong seperti anjing,
menunduk seperti malu.
Setelah anak
anak mampu menyebutkan fantasinya, ajaklah mereka bernyanyi bersama , bersahut
sahutan , sekelompok menyanyikan sepenggal lagu
1)
Berlari seperti kuda ;melompat seperti kelinci, melayang seperti garuda,
berbaris seperti Abri ;
2)
Berkotek seperti ayam,
menggongong seperti anjing, mengaum seperti harimau, mengantri seperti bebek
3)
Merayap seperti cicak, mendesis
seperti ular, salaman ketika berjumpa, beriring seperti semut
5. Kura kura
Nyanyi secara bersahut sahutan dan bermain peran ,
kelas dibagi dua kelompok , yang satu
sebagai kura kura, yang satu sebagai kelinci .
Kelinci bertanya kepada kura kura sambil bernyanyi
Kura kura
mengapa jalanmu lambat, apa tidak dapat lebih cepat
Aku dapat
berjalan cepat, beban yang kubawa amat berat!”
(Kelompok Kura
kura menjawab sambil bernyanyi )
Dengan cara
bersahut sahutan anak anak akan lebih tertarik menyanyikan lagu ini .
Rangsanglah anak anak bertanya mengapa begini? Misalnya bebek mengapa jalannya lambat? Karena
kakinya pendek? Siput mengapa jalannya lambat, karena siput membawa rumahnya?
Mungkin anak akan memberi jawaban yang menurut kita aneh, terima saja pendapat
mereka ,tidak perlu di bantah, asalkan guru memberitahukan alasan yang paling
nyata dapat dilihat oleh anak.
Demikian
selanjutnya anak anak diberi kreasi bertanya dan menjawab misalnya :
Kelompok kucing
dengan kelompok bebek kecil ,
Kelompok anjing dengan kelompok siput liliput; kelompok kuda bertanya kepada
kelompok kerbau gendut dan selanjutnya.
Bantulah
kelompok kucing memerankannya sambil bernyanyi kepada kelompok bebek kecil :
1. (T) Bebek kecil mengapa jalanmu
lambat, apa tidak dapat lebih cepat?;
(J) Bagaimana aku dapat
berjalan cepat, kulit di kakiku amat berat
2. (T) siput siput, mengapa jalanmu lambat apa tidak dapat lebih
cepat;
(J) bagaimana dapat berjalan cepat , rumah yang kubawa amat berat
3. (T) Kerbau gendut mengapa jalanmu
lambat , apa tidak dapat lebih cepat ;
(J)Bagaimana aku dapat berjalan cepat, badan dan kakiku amat berat
6. Kancil
Ceritera tentang
sang kancil sejak dahulu mengesankan bahwa kancil dikenal sebagai binatang yang suka
ketimun. Penelitian Djalal Rosyidi, Mahasiswa S3 Program Studi
Ilmu Ternak Ilmu Pertanian Bogor (IPB, tahun 2005 ), terbukti bahwa Kancil
tidak suka ketimun, karena bau ketimun membuat sang kancil tidak suka apalagi
mencuri ketimun. Pada hal kancil mencari makanannya sebagaimana binatang
lainnya mencari makan di ladang. Mulailah pembelajaran dengan bercerita
tentang seorang petani yang pergi ke kebunnya dan melihat seekor
kancil sedang makan pucuk daun . Petani menyangka kancil mencuri ketimunnya dan
mengejarnya sampai ke desa cilangkap. Tunggu apa reaksi anak anak! Apa yang
akan mereka katakan kepada sang kancil?
Nyanyikanlah lagu
1. Sang kancil disangka mencuri
ketimun, Pak tani mengejar sampai desa cilangkap.
( Anak anak serentak menyanyikan )“ lari ,lari
jangan tertangkap’
2. Sang kancil yang cerdik dikejar harimau, tiba di sungai buaya datang
menolong,
( anak anak serentak menyanyi J ) Lompat lompat, kancil
selamat
- Capung
Capung, capung! Terbang terbang hinggap, capung capung ,
gesit dan lincah,
ingin kau kutangkap, tak dapat kutangkap, oo capung capung capung
terbang kemana?
Pembiasaan mengamati binatang dan mengidentifikasi kebiasaan hewan yang diamati dapat diajarkan melalui
lagu ini .
Anak
anak sangat menyukai binatang seperti capung, kupu kupu dan belalang. Dengan menyayikan lagu capung ,
diharapkan anak anak lebih
mengenali kebiasaan binatang ini
sebagai binatang yang sulka terbang
.Guru memancing perbendaharaan kata anak dengan menanyakan jenis
binatang apa lagi yang suka terbang –terbang - hinggap selain capung? Tunggu anak anak menjawab dan kemudian nyanyikan
seperti lagu ini dengan mengganti nama jenis binatangnya ,misalnya :
1) Kupu-kupu! Terbang terbang hinggap, kupu kupu lucu warnamu, ingin
kau kutangkap tak dapat kutangkap, ooo kupu-kupu liar, terbang kemana?
Tema
3. Musik
- Musik Angklung
Bila ku besar nanti, kubeli musik angklung,
berlatih tiap hari , dengan kawan sekampung
Kling kling klung klang, kling kling klung,
Kling kling klung klang, kling kling klung
Guru bertanya tentang alat alat musik,
menyebutkan nama alat alat musik musik tradisional, seperti gitar, seruling, kecapi, gendang, dan lai lain. Bagaimana mereka menggunakan
alat musik tersebut, bagaimana bunyinya ?
Berikanlah rangsangan kepada sekelompok
anak untuk menyebutkan jenis musik lainnya , misalnya :
1) Bila ku besar nanti, kuminta
beli gitar , berlatih setiap hari dengan
kakak sendiri,
“jreng jreng jreng,jreng,jreng ,jreng reng” jreng jreng
jreng,jreng,jreng ,jreng reng
2) Bila ku besar nanti ku
buatkan seruling, berlatih setiap hari,meniup dan bersuling
hiui hiui
hiui,hui hiui hiui hiui” hiui hiui hiui,hui hiui hiui hiui
3) Bila ku besar nanti kubelikan kecapi, berlatih tiap hari,sambil
bernyanyi nyanyi
cing cing cing,cring,cing cing cing”
4) Bila ku besar nanti, ku beli perangkat gendang , berlatih dengan teman , sambil bersenang senang
dang dang,dang dang,dang dang dang” .
2. Bagaimana Bunyi nya?
Nyanyikan lagu:
Bagaimana bunyi trompet, tret tet tet, tret tet tet.
Bagaimana bunyi gendang , dang dang dang, dang dang
dang.
Bagi kelompok anak untuk menyanyikan sesuatu pertanyaan , sebagian lagi
untuk mencari jawabannya dan menyanyikannya dengan peragaan dan suara.
Misalnya:
1) Bagaimana bunyi lonceng, kring kring kring, kring kring kring
2) Bagaimana suara kambing, mbek mbek mbek, mbek mbek,mbek
3) Bagaimana bunyi hujan, tik tik tik, tik tik tik tik
4) Bagaimana suara angin, ssst,ssst ssst,ssst sst,sst
3.
Tari rebana
Guru memperagakan suara rebana sambil menggerakkan
badan, tangan dan kaki. Sambil bernyanyi
“Tari rebana”.
Cing cing gemerincing ,suara rebana berbunyi nyaring
Cing cing
gemerincing kaki melangkah beriring iring
Lenggok yang serentak dengan lenggang berirama
Hati siapapun akan senang melihatnya
Guru merangsang anak mengatakan bagaimana jika lenggok serentak? Dengan tangan kecak
pinggang; dengan bahu di goyang goyang, atau dengan jempol diacungkan ,
dengan lirik kiri kanan. Hargai setiap pendapat anak dan coba menyanyikannya
sesuai kemampuan mereka.
Kemudian nyanyikanlah sekali lagi :
1) Cing cing gemerincing….. dst, lenggok yang serentak dengan tangan
kecak pinggang , hati…. Dst
2) Cing cing……dst, lenggok yang serentak dengan bahu digoyang goyang ,
hati siapapun….dst
3) Cing cing ….dst, lenggok yang serentak dengan jempol diacungkan ,
hati siapapun….dst
4) Cing cing …dst , lenggok yang serentak dengan lirik kiri kanan, hati
siapa …dst
Tema 4. Gotong Royong dan Kerja sama
Marilah
Ajak anak anak beraktivitas sambil bernyanyi :
Marilah mari, mari bernyanyi, bersama sama riang
gembira”.
Permainan ini tepat digunakan sambil bergerak di dalam maupun di luar ruangan, mulailah
dengan mengajak anak berdiri ,buatlah gerakan gerakan yang mengaktifkan motorik
kasar , seperti berjongkok, melompat,
berlari dan meloncat .
Selanjutnya
ajaklah menyanyikan lagu tersebut secara bersama sama, tiap satu ayat
ganti dengan kalimat dan gerakan . Contoh :
1) Marilah mari, mari berjongkok, bersama sama seperti kodok”
2) Marilah mari, mari melompat, bersama sama kita serentak”
3) Marilah mari mari berlari , bersama sama senanglah hati
4) Marilah mari mari meloncat, bersama sama hilangkan penat“
Thema
5 : Bilangan
- Lagu “Naik sepeda”
Nyanyikan
“ Satu dua tiga, saya naik speda,tiga empat
lima , speda warna merah
Kring ,kring,kring,kring ,kring(Hai) .Kring
,kring,kring,kring ,kring (Hai)
Rangsanglah anak menyanyi dengan
berkelompok, satu kelompok menyanyi sambil memperagakan gerakan nya, sekelompok lainnya menjawab dengan bunyi geraknya .
Contoh :
1) Satu dua tiga, berdiri yang tegak, tiga empat lima , siap gerakannya, berdiri semua
(Siap grak)
2) satu dua tiga ,angkat kaki kanan, tiga empat lima ,angkat kaki kiri, ganti
lompat lompat (Hai)
3) satu dua tiga , ayo lomba lari, tiga empat lima berlari bernyanyi
,lalalalalala (Hai)
4) satu dua tiga, aku naik tangga, tiga empat lima tangga naik atas” tak tak tak tak tak tak (Hai)
Guru
menyuruh anak memperagakan
bagaimana berdiri, berdiri
dengan satu kaki, melompat, berlari, meloncat
,naik tangga, dan bersepeda
- Satu dua, tiga dan empat
Tujuan :
Menanamkan konsep mencari
pemecahan masalah .
Bersama sama ajaqrkan nyanyian:
1) “satu dua tiga dan empat, tambah satu menjadi lima, kalau sakit
minumlah obat, badan sehat riang gembira”
2) Satu dua tiga dan empat , kurang satu menjadi tiga, kalau kalau
capek duduk istrahat, badan sehat riang gembira”
3) Satu dua tiga dan empat , tambah satu menjadi lima, kalau lapar
makanlah roti, badan sehat riang gembira”
4) Satu dua tiga dan empat ,kurang satu menjadi tiga, kalau haus
minumlah susu, badan sehat riang gembira”
Guru memulai cerita
tentang seorang anak yang mengalami masalah dalam kehidupan sehari hari,
misalnya kalau sedang sakit harus
bagaimana? Anak anak mungkin menjawab “ berobat, ke dokter, istirahat dan lain
sebagainya. Demikian juga kalau capek, kalau lapar, kalau haus, kalau ngantuk,
dan lain lain yang cocok dalam kehidupan anak.
Selanjutnya mulailah mencari kata kata yang tepat mengisi kalimat “ Kalau sakit, minumlah obat, menjadi misalnya: kalau lapar makanlah roti,( singkong), (pisang); kalau haus minumlah susu (syrop)( air); kalau ngantuk pergilah tidur; dan sebagainya
Selanjutnya mulailah mencari kata kata yang tepat mengisi kalimat “ Kalau sakit, minumlah obat, menjadi misalnya: kalau lapar makanlah roti,( singkong), (pisang); kalau haus minumlah susu (syrop)( air); kalau ngantuk pergilah tidur; dan sebagainya
- Sepuluh burung
Berhitung termasuk dalam kemampuan dasar, sama
pentingnya dengan membaca dan menulis. Dalam pembelajaran di lembaga PAUD ,
guru atau tutor melatih anak memahami
konsep pengurangan melalui nyanyian ini
. Peragakanlah dengan berfantasi bagaimana burung hinggap di dahan. Tunjuk sepuluh orang anak
berperan seperti burung, kemudian nyanyilah
bersama anak anak lainnya . Kalau syair lagunya sampai kepada hitungan
dua terbang, minta dua orang anak meningggalkan dahan dan bergaya terbang
, sama sama menghitung berapa yang tinggal. Demikian dinyanyikan dan
diperagakan seterusnya. Contoh :
1) Sepuluh burung hinggap di dahan, dua terbang tinggal delapan.
Lalalalala, lililili,lalalalala, lililili
2) Delapan burung melompat lompat , dua terbang tinggallah enam,
lalal….
3) Sembilan burung hinggap di dahan , tiga terbang,tinggallah enam,
lalala…………..
4) Sembilan burung melompat lompat, dua terbang tinggallah tujuh ,
lalala……
Tema
6 : Keluarga
- TAH TIH TAH.
Menyanyilah dengan gerak dan lagu
untuk merangsang motorik kasar anak.
Nyanyikanlah
1) “ Tah tih tah, tah tih tah, adik dapat berjalan, tah tih tah tah tih
tah, perlahan lahan“
2) tah tih tah, tah tih tah , adik dapat berkata, tah tih tah, tah tih
tah, tah tah tah tah tah”
3) Tah tih tah ,tah tih tah, adik adik jalan sendiri, tah tih tah, tah
tih tah, berhati hati”
4) Tah tih tah, tah tih tah, adik merangkak rangkak, tah tih tah tah
tih tah, merangkak rangkak
2.
Ibuku pandai bernyanyi
Memperkenalkan kekerabatan
sejak dini merupakan hal yang alami yang diketahui anak melalu panggilan
kebiasaan sehari hari. Namun belum tentu anak mampu menghargai kelebihan masing
masing. Nah, lagu ini merangsang anak
menemu kenali kepandaian orang orang disekelilingnya serta mengungkapkan perasaan anak terhadap
kepandaian tersebut.
Ajarkan Lagu Ibuku Pandai
bernyanyi
Ibuku pandai bernyanyi,
Suaranya merdu
Setiap ibu bernyanyi,
hatiku terharu
Aku ingin bernyanyi
semerdu ibuku
Mintalah anak anak
menyebutkan salah satu kepandaian anggota keluarganya. Tanyakan bagaimana
perasaannya melihat hasilnya misalnya pandai
menyanyi hatiku terharu,pandai
melukis hatiku terkagum,pandai memasak
seleraku enak, dst
Nyanyikanlah lagu tersebut
dari awal , dan anak anak minta melanjutkannya ,bantulah anak menemukan kosa
kata yang sesuai dengan kepandaian tersebut, kemudian nyanyilah bersama sama.
1) Ayahku pandai cerita ,ceritanya lucu, setiap ayah cerita hatiku gembira, aku ingin cerita sepandai ayahku
2) Bibiku pandai menari, gemulai badannya , setiap bibi menari, hatiku
gembira , aku ingin menari ,seperti bibiku
3) Pamanku pandai Piano, jarinya gemulai , setiap paman berpiano ,
hatiku terkagum. Aku ingin main piano sepandai
pamanku
3.
Orang tuaku
Sesuaikan syair lagu
dengan jenis pekerjaan yang dikenal oleh anak, misalnya anak anak di kota
besar, mungkin tidak ada anak petani, mungkin ayahnya pegawai, pengemudi,
pedagang, kakaknya penerbang dan sebagainya.
Hargai setiap pendapat
anak mengenai orang tua mereka, dan bantu mereka menemukan kata kata yang pas
untuk dinyanyikan misalnya :
1) Orang tuaku petani yang rajin, bercocok tanam, beternak ikan
2) Orang tuaku pekerja yang
rajin, tak pernah malas, bekerja tuntas
4. Kakek sudah Tua”
Nyanyikan
Kakek memang sudah tua, tapi pandai cerita,
cerita tentang ibu
ayah, aku sayang padanya
Guru memulai dengan
bercerita tentang keluarga , ayah, ibu, nenek dan ,kakek. Masing masing
dengan ciri , misalnya ibu pandai menyanyi, ayah pandai bercatur, nenek pandai
memasak , kakek pandai cerita
1) Gunakan lagu ini menggali pengalaman anak anak mengenai ibu , ayah,
nenek, paman atau siapa saja.mulailah dengan cerita mereka masing masing ,
misalnya :
2) Ibuku sibuk sekali, tapi suka menyanyi , Me nyanyi menyenangkan
hati, aku sayang padanya
3) Ayah memang sudah lelah, tapi
suka bercanda, bercanda dengan anaknya, aku sayang padanya
Tema
7 : Aneka Rasa
Ajarkan dahulu
nyanyian ini : “Apa rasa gula , rasa
gula manis, apa rasa cuka rasa cuka asam”
Setelah anak anak tahu semuanya. bernyanyilah
bersama anak anak sambil bergilir menyebutkan nama buah dengan rasa nya. Contoh
:
1) Apa rasa garam . rasa garam
asin , apa rasa cabe, Rasa cabe pedas.
2) Apa rasa jeruk, ………………….., apa rasa coklat ………………
3) Apa rasa mangga……………., apa rasa
nangka ………………….
4) Apa rasa langsat …………………, apa rasa tomat……...
Guru memulai
aktivitas dengan menunjukkan beberapa buah, makanan atau jenis lain dengan
aneka rasa. Apa rasa dari masing masing
benda , makanan tersebut. Bantulah anak
mengecap dan menyebutkan rasa , misalnya
salak rasanya kecut, manggis rasanya manis, Pari rasanya pahit dan sebagainya,
sesuai jenis buah atau makanan yang anak
anak kenal. Awali dengan jenis buah yang bersuku kata dua
Tema
8 Ketuhanan
Untuk menanamkan kepercayaan kepada Tuhan yang
Maha Esa anak harus dibiasakan berdoa. Membiasakan berdoa harus
mengajarkan kepada anak hal hal yang perlu diucapkan dalam doa .
Berdoalah terlebih dahulu. Nyanyikan lagu ini :
1.
Tuhan Yang Esa
Tuhan yang esa, Tuhan kuasa,
tempat bergantung, tempat berlindung, Tuhan
peyayang, Tuhan penolong’ Tuhan engkaulah kami sembah,
2. Pagi yang cerah
Ajarkanlah
lagu”
Dipagi yang indah cerah, mentari bersinar
terang,
ku kagum akan
karyaNYa, Tuhan yang Maha Esa.
L agu di Pagi yang cerah mengajak anak
merenungkan kebesaran Tuhan sang Maha Pencipta.Sebelum menyanyikan lagu ini
anak anak dirangsang mengamati cakrawala pada malam hari, ada kalanya malam
gelap tidak ada cahaya bulan dan bintang, namun ada kalanya semuanya indah,
sinar bulan dan bintang dapat dinikmati . Malam kita tidur tenang dan bangun pagi hari kita menikmati
udara dan sinar mentari , namun sering kita lupa mengucap syukur . Ingatkanlah
anak anak untuk mensyukuri alam semesta pada setiap pagi.
Bagaimana kalau malam hari, apakah anak
anak dapat diajarkan mensyukuri ciptaan Tuhan ? tentu iya, ajaklah mereka
mencari jawaban untuk pengalaman di malam hari, misalnya :
1) Di malam yang sejuk kelam,
sang bulan bersinar terang
, kukagum akan
karya Nya Tuhan yang Maha esa.
2) Di senja yang indah permai , mentari hamper tenggelam
ku kagum akan karya Nya , Tuhan yang maha esa
3) Sehabis hujan yang lebat,
lihat pelangi terbentang,
Ku kagum akan
karyanya Tuhan yang maha esa
Tema 9 : Bangun
/Bentuk
Rotiku
Lagu ini dapat
juga sekaligus memperkenalkan pola hidup sehat . Perkenalkanlah bentuk persegi empat melalui
nyanyian ini :
Rotiku persegi empat, kulitnya berwarna coklat
kututup rapat
rapat, supaya jangan dimakan lalat
Guru memancing
anak anak menyebutkan makanan makanan
yang mereka sukai yang harus ditutup
supaya tidak dimakan lalat. Nyanyikanlah bersama sama sesuai dengan pendapat
anak anak. Contoh :
1) Donatku berbentuk
bulat, pinggirnya ditabur coklat, kututup rapat rapat supaya jangan
dimakan lalat
2)
Eslilin berbentuk panjang, tangkainya berwarna coklat , kubungkus
rapat rapat, supaya jangan dimakan lalat
TEMA
10. Negara
1.
Merah putih
Sejak dini anak anak sudah diperkenalkan
dengan bendera negara sebagai bagian
dari adanya suatu negara. Siapkan bendera kecil bertangkai sejumlah anak anak, dan tanyakan kepada mereka
arti warna dalam bendera , merah artinya
gagah, putih artinya bersih. Nyanyikanlah lagu ini bersama sama dengan sikap
berdiri tegak seperti layaknya upacara. Sambil memegang bendera mereka
bernyanyi
” Aku punya
bendera, bendera merah putih.
Merah artinya
gagah, putih artinya bersih
2.
Hormat pada merah putih
Hormat
pada merah putih, doa di hatiku
O Tuhan maha kuasa lindungi negriku
Menanamkan rasa cinta tanah air dimulai dengan
menumbuhkan pemahaman anak mengenai
bendera .Dalam upacara pengibaran bendera , jarang sekali adanya penjelasan
kepada peserta upacara bahwa menghormat
sang saka merahputih sesungguhnya merupakan waktu khusus memanjatkan doa agar
negara Indonesia mendapat perlindungan dari Yang maha kuasa.
Untuk itu maka merupakan kewajiban
semua guru dan tutor PAUD untuk
mengajarkannya melalui nyanyian ini . Ajaklah anak anak memperagakan
penghormatan kepada merah putih, sambil mengajar anak untuk memanjatkan doa ,
sejahtera negriku, tentramkan negriku, bri damai negriku dan slamatkan
negriku dan sebagainya. Kemudian nyanyikanlah bersama :
1) Hormat pada merah putih doa di hatiku, O Tuhan maha kuasa sejahtrakan
negriku
2) Hormat pada merah putih, doa di hatiku, O Tuhan maha kuasa,
tentramkan negriku
3) Hormat pada merah putih, doa di hatiku, O Tuhan maha kuasa, bri
damai negriku
3.
Indonesia
tetap jaya
Ribuan pulau ,indah kemilau itulah Indonesai pusaka.
Gunung menjulang, sawah membentang, itulah Indonesia tercint
Ref : mari kita jaga,mari kita jaga,Indonesia tetap Jaya
Guru memulai pembelajaran mengenai tanah air kita dengan cerita mengenai pulau pulau, keindahan alam serta
lautan dan gunung yang megah. Kemudian nyanyikanlah lagu Indonesia tetap jaya dengan beragam variasi
kekayaan alam Indonesia, misalnya :
1)
Ribuan suku, ragam budaya
itulah Indonesia pusaka,ragam bahasa, adat berbeda itulah Indonesia
tercinta, Reff :
2)
Berlimpah tambang, pohon
menjulang, itulah Indonesia pusaka, lautan luas, samudera bebas, itulah
Indonesia tercinta;Reff:
3)
Menghijau bukit, di atas lembah, itulah Indonesia pusaka,
tanahnya subur, rakyat kan makmur,
itulah Indonesia tercina; Reff :
Tema
10. Kreatifitas
Kereta
bambu
Pancing kreatifitas anak anak melalui
pertanyaan Apa kerja tukang kayu ?
Memaku, mengecat itulah pekerjaan
sebagai tukang kayu.
Nyanyikan lagu “
Lihatlah keretaku, rodanya dari bambu,
dindingnya dari bambu, semua ku cat biru.
Ku paku, Ku palu seperti tukang kayu ,
kutarik melaju, gembira di hatiku”
=====================================================================================
Hak
edar lagu lagu dalam CD ini atas persetujuan para pencipta nya.
Metode pembelajaran ini di rancang
oleh Dra. Redya Betty Doloksaribu,MPd
Bekasi, Februari 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar